Menyimpan terlalu Lama Nasi Didalam Rice Cooker bisa Menyebabkan Kanker

Tolongshareya – Sahabat tolongshareya yang dimuliakan oleh Allah SWT, Kesehatan sangat penting bagi kita, Nikmat sehat kadang sering kita lupakan. Pembahasan kali ini mengenai berapa lama menyimpan nasi di dalam rice cooker
 

Assalamu’alaikum,
Pak Sugi, berapa lama baiknya menyimpan nasi dalam rice cooker? Apakah selama disimpan dan terus dihangatkan di situ ada unsur gizi pada nasi yang hilang? Mohon penjelasannya secara lengkap
Benarkah jika menyimpan makanan yang dibungkus plastik kresek di dalam kulkas itu bisa berbahaya bagi kesehatan? Kalau benar, apa bahayanya?
Nena & Titik Milasari, via sms 
Jawaban kontributor dari sahabat Ummi:
Disarankan menyimpan nasi dalam rice cooker tidak lebih dari satu hari. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis bakteri tahan panas masih dapat tumbuh pada suhu hangat dan menyebabkan kerusakan pada nasi, yaitu nasi menjadi lembek atau berlendir dan basi.
Nasi yang dihangatkan terus akan menurun kandungan vitaminnya terutama vitamin yang tidak tahan panas, seperti vitamin B1 (tiamin), niasin, dan vitamin B2 (riboflavin).
Plastik kresek tidak dibuat untuk menyimpan makanan langsung. Maksudnya, persyaratan bahan baku untuk membuat plastik kresek tidak sebaik bahan baku untuk kemasan makanan langsung. Disarankan tidak menggunakan plastik kresek untuk mengemas masakan, kue-kue, minuman, minyak goreng, atau makanan lain secara langsung. Plastik kresek boleh digunakan untuk mengemas bahan makanan mentah, misalnya sayuran, buah-buahan, dan sebagainya. Jelasnya makanan yang boleh dikemas plastik kresek adalah bahan makanan yang tidak langsung dikonsumsi, atau bahan makanan tersebut masih mengandung kulit yang tidak langsung dikonsumsi. 
Penggunaan plastik kresek untuk mengemas makanan langsung menimbulkan risiko makanan yang dikemas terkontaminasi dengan bahan plastik. Bahan plastik dapat membahayakan kesehatan. Bahayanya antara lain dapat memicu kanker.   
Wassalamu’alaikum
Semoga kutipan sepintas ini dapat memberi wawasan tentang kesehatan dan terima kasih sahabat tolongshareya telah membacanya.

Sumber : ummi-online.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menyimpan terlalu Lama Nasi Didalam Rice Cooker bisa Menyebabkan Kanker